Rabu, 03 Desember 2014

Telematika 1


Jumat, 28 November 2014

Telematika Dalam Kehidupan Sehari Hari

Seiring dengan perkembangan Teknologi komunikasi yang disebut Telekomunikasi, berkembang pula Teknologi Informasi dan Komunikasi yang melibatkan Komputer dan Multimedia atau disebut Telematika.

Pada Pembahasan, saya kali ini yang akan membahas tentang penerapan telematika terhadap kehidupan kita sehari-hari. Mari sebelumnya kita tarik contoh sederhana tentang penerapan telematika yang ada disekitar kita, yaitu :

-Komunikasi seperti Handfree, SMS dan MMS, Video Call dan lain-lain.
-Hiburan seperti Musik, Video, Game dan lain-lain.
-Kesehatan seperti Respon Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, Konsultasi Jarak jauh dan lain-lain.
-Pemerintahan seperti Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM dan lain-lain.
-Pendidikan seperti E-Learning, Informasi Akademik, Pendaftaran Online dan lain-lain.
-Bisnis seperti E-Business, E-Commerce, E-goverment dan lain-lain.

Berdasarkan, contoh yang telah saya jabarkan diatas dapat saya simpulkan bahwa pada dasarnya konsep telematika ada pada tiga buah faktor yang mengikutinya, yaitu :

Telekomunikasi

adalah suatu teknik penyampaian suatu informasi dari satu pihak ke pihak lain yang membutuhkannya, bisa dilihat biasanya dalam contoh komunikasi melalui sms kita mengirimkan pesan kita kepada orang lain dalam bentuk teks.

Multimedia

adalah suatu gabungan dari beberapa media (perantara) yang berinteraksi untuk menangkap beberapa macam informasi seperti teks, audio, dan suara yang saling berinteraksi (multi) sehingga dapat memperlihatkan informasi-informasi yang ada saat diperlihatkan, contoh perangkat lunak multimedia adalah windows media player.

Teknologi Informasi

adalah teknologi yang menggabungkan komputasi(komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa beberapa macam data seperti data, audio, video, dll.

Nah, dari ketiga faktor diatas sudah dapat disimpulkan bahwa dalam ruang lingkup telematika ketiga faktor tersebut, tidak dapat kita hindarkan..dimana adanya proses telekomunikasi yang berjalan, kemudian perangkat multimedianya untuk sebagai alat penangkap dan pemroses data-data yang akan atau sedang dikirimkan dan juga teknologi informasi sebagai teknologi yang mendukung proses penyampaian arus informasi yang ada

Pada, contoh kehidupan/pengalaman pribadi saya yang telah saya lakukan adalah..Pada saat pembuatan E-KTP secara elektronik yang melibatkan beberapa perangkat multimedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar