Rabu, 11 Januari 2012

Pengetian, Cara Membuat dan Contoh Abstrak



PENGERTIAN ABSTRAK
Menurut American National Standards Institute (1979), definisi abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.
Dua konsep utama dalam membuat abstrak:
1. Conciseness
  1. Significance
Fungsi
  1. Current awareness: memudahkan para pembaca untuk mendapatkan informasi terbaru tentang suatu bidang yang diminati, tanpa harus membaca seluruh isi dokumen
  2. Menghemat waktu pembaca
  3. Melanjutkan membaca atau tidak ?
  4. Menghindari terjadi duplikasi tulisan
  5. Keyword : memudahkan dalam penyimpanan secara elektronis
Tujuan (Purpose)
  1. Apa alasan penulis ?
  2. Apa ide utama (main idea) dari penulis ?
Cakupan (Scope)
1.   Apa yang menjadi fokus penulis ?
  1. Dimana yang menjadi konsentrasi dari penulis ?
Metode (Method)
  1. Jenis-jenis temuan yang ditampilkan penulis ?
  2. Bagaimana penulis meyakinkan pembaca tentang validitas dari ide utamanya ?
Tipe Abstrak
  1. Descriptive Abstract
n      Berisi informasi yang terdapat pada tulisan
n      Berisikan tujuan, metode, dan cakupan dari tulisan
n      Tidak mencakup hasil, kesimpulan dan rekomendasi
n      Biasanya sangat pendek
n      Memperkenalkan kepada pembaca tentang subjek dari tulisan
  1. Informative abstract:
n      merupakan substitusi dari dokumen
n      Berisi spesifik informasi dari tulisan
n      versi miniature dari dokumen yang mencakup tujuan, metode, cakupan, hasil, kesimpulan dan rekomendasi dari tulisan
n      Pendek, biasanya 10 % dari panjang tulisan
n      Biasanya digunakan dalam laporan penelitian
Abstract Tips
ü      Buat supaya pekerjaan Anda terkesan menarik
ü      Hindari bahasa yang panjang dan kompleks
ü      Hindari penggunaan jargon (hyperbolis)
ü      Tetapkan batasan kata dalam setiap kalimat
ü      Pastikan bahwa abstrak sudah mencakup seluruh point penting dalam tulisan
ü      Abstrak pendek (100-300 kata) untuk artikel dan paper biasanya dalam satu paragraph sedangkan abstrak yang lebih panjang, untuk tesis dan laporan bisa dalam beberapa paragraph
Contoh Abstrak
ABSTRAK
Dalam era persaingan kerja saat ini yang begitu pesat, suatu perusahaan harus mampu menyesuaikan kondisi perusahaan dengan persaingan yang ada. Yaitu dengan mempunyai karyawan – karyawan yang berkualitas dengan keterampilan yang bisa diandalkan  untuk bisa masuk dalam era globalisasi pada persaingan sekarang ini. Bagi perusahaan yang sudah mempunyai mutu dan kualitas yang bagus di mata masyarakat pastilah hasil yang dicapainya itu merupakan sumber daya dari keterampilan – keterampilan yang ada pada diri karyawannya masing – masing. Oleh karena itu, apabila suatu perusahaan ingin mempunyai karyawan yang berkualitas, peranan pelatihan dalam suatu perusahaan itu sangatlah penting.
Pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri adalah untuk mengembangkan kemampuan karyawan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan atau jabatan yang sedang dijalaninya saat ini.
Program pelatihan merupakan salah satu unsur di dalam pengembangan karyawan, dengan ditingkatkannya pengetahuan dan keterampilan karyawan diharapkan program pelatiham dapat meningkatkan pula prestasi kerja karyawan yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi perusahaan.
Program pelatihan pada PT. Hutama Karya dilaksanakan dengan metode on the job training yang dilaksanakan oleh perusahaan itu sendiri dan off the job training yang dilaksanakan oleh lembaga diklat di luar perusahaan. Pelatihan yang ada pada PT. Hutama Karya ini menggambarkan bahwa pelatihan mempunyai hubungan untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan.
Adapun kendala yang dihadapi adalah masalah dana. Dana yang diperlukan tidaklah sedikit, karena kebutuhan – kebutuhan lainnya juga perlu dibiayai. Perusahaan mengatasinya dengan cara menyusun program secara sistematik yang di dasarkan pada analisa jabatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar