Sabtu, 01 Oktober 2011

Benarkah Bahasa Mempengaruhi kehidupan Kita?

Kali ini saya ingin menjelaskan tentang apakah benar bahasa itu mempengaruhi kehidupan manusia. Jika kita perhatikan dalam kehidupan sehari – hari kita selalu berbicara dengan orang lain atau mungkin kita bertemu orang asing. Pastinya kita akan melakukan komunikasi secara langsung. Bahasa adalah alat kita untuk mengekspresikan diri dalam berkomunikasi, dalam berbahasa kita tidak selalu sama. Bahasa tidak akan sempurna jika apa yang disampaikan tidak dapat saling dimengerti oleh satu sama lain. Intinya dengan berbahasa yang dapat dimengerti kita dapat saling berkomunikasi satu dengan lain.

Dalam menggunakan bahasa kita harus berhati – hati cara mengungkapkannya dan juga kita harus tau siapa lawan bicara kita. Bahasa juga harus digunakan untuk meyakinkan pikiran semua orang yang sedang kita ajak bicara. Jika kita perhatikan dalam penggunaan bahasa tiap orang memiliki ciri yang berbeda – beda beda dalam logat atau dalam keadaan emosi dan lain sebagainya. Yang terpenting dari itu semua kita harus mengetahui siapa lawan bicara kita. Apakah dia orang tua, teman, atau saudara. Bila kita sedang berbicara pada orang tua sika kita dan basaha kita pun harus disesuaikan, karna jika dengan orang tua kita harus berbica dengan sopan. Jika dengan teman atau saudara kita yang sebaya dangan kita mungkin kita secara tidak langsung sudah sesuai dalam arti kita mungkin dalam lingkungan yang sama. Tetapi tetap harus memilih kata – kata agar tidak menyinggung perasaan teman atau saudara kita apalagi jika  mereka sampai tidak suka atau marah karena ucapan kita. Karena ada pepatah mengatakan mulutmu adalah harimau mu. Jadi tetaplah berhati – hati dengan apa yang kita ucapkan.

Satu hal lagi yang harus kita perhatikan dalm berbicara yaitu nada bicara kita. Apabila kita sedang dalam keadaan marah atau kesal secara otomatis nada bicara kita pun menjadi berubah. Sebaiknya itu bias kita atasi dengan baik agar cara bicara kita baik dan enak didengar oleh semua orang yang ada disekitar kita.

Tanpa kita sadari begitu dekatnya kita dengan bahasa. Setiap hari bahkan tiap saat kita pasti menggunakannya. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bias mnggunakan bahasa kita dengan baik dan benar. Akan tetapi  seiring perkembangan zaman bahasa Indonesia sudah hampir tak dihiraukan kembali. Contohnya karna zaman terus berkembang anak – anak remaja menggunakan bahasa yang dikenal dengan bahasa gaul. Atau perbedaan budaya, adat mereka kerap kali menggunakan bahasa dari budaya mereka masing – masing. Bahkan percampuran bahasa pun terjadi karena seringnya mnggunakan bahasa daerah. Hal seperti itu tidak terlalu baik jika teruskan.

Maka dari itu kita harus mempelajari bahasa Indonesia lebih banyak lagi agar kita mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena tanpa kita sadari ternyata bahasa itu sangat mempengaruhi kehidupan kita sehari – hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar